Minggu, 20 November 2011

Membaca adalah kebutuhan


Untuk  kita yang dhidup didunia ini sadar atau tidak manusia butuh membaca baik yang tertulis maupun yang tersirat, oleh sebab itu  diperlukan cara membaca yang efektif, simak berikut ini :

Cara Membaca Efektif
Kemampuan membaca efektif membuat seseorang bisa menghemat waktu belajar. Konon, dari seluruh teks, hanya 20 persen yang benar-benar mengandung informasi yang diperlukan. Sekarang, bagaimana caranya menyaring seluruh teks menjadi 20 persen itu.    
Caranya:
1. Kenalilah berapa kecepatan membaca Anda. Untuk membaca dalam bahasa Inggris, 240-360 kata per menit adalah angka rata-rata. Usahakan kecepatan membaca hingga 600-840 kata per menit.
2. Jangan teruskan kebiasaan membaca yang memperlambat seperti bibir yang bergerak, dan suara di kepala yang mengulang apa yang Anda baca. Selain itu, jangan mengulang-ulang membaca kata atau kalimat yang sama karena kurang percaya diri. Ketidakmengertian karena kosa kata yang kurang harus diatasi lebih dahulu. Jangan pula membaca kata per kata, tetapi tangkap informasi secara umum saja.
3. Latihlah mata Anda, sehingga dalam satu penglihatan bisa langsung menyapu enam sampai sepuluh kata.
4. Berlatih dengan menggunakan musik bertempo tinggi. Otomatis, Anda akan membaca secepat tempo musik yang didengar.
5. Coba juga untuk membaca sebuah bab dari belakang ke depan. Alasannya, bagian belakang biasanya berisi kesimpulan. Mengerti kesimpulan akan membantu Anda menangkap hal-hal berarti, ketika Anda membaca seluruh bab.
6. Terus berlatih dan berusaha mencapai kecepatan yang lebih tinggi.

6 komentar:

Sudah di baca artikelnya Pak Alvian

Alhamdulillah ya, sudah di baca pak :)

saya sudah ya pak !!
anita ap2...

bapak ria nyusul kemaren lg psb
okeh paa

orang cantik.. susulan..
lagsung nilai apk.. Hilarysubni

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Recent Posts

Powered By Blogger

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah insan yang ingin berguna untuk sesama, karena dengan itu saya merasakan kebahagiaan dan kepuasan yang begitu nikmat,, smoga Allah SWT mempermudan dan tetap meluruskan niat saya

Followers